Aku dan Beauty Privilege


Kembali lagi dengan gua dan segala keluh kesah yang gua alami, jiahhhh.

Sejujurnya haram banget hukumnya bagi diri gua sendiri untuk mengetik atau mencurahkan keresahan gua selama ini tentang apa yang terjadi dalam hidup gue lol. Btw, kalo kalian kira selama ini semua tulisan (kecuali opini) itu adalah semua dari kisah gue, kalian salah. Thats all about you, about what i see, what i listen and what you feel and then i will create something poet from that hehe. Dan jujur baru kali ini lah gua nulis atau mengcreate sesuatu berdasarkan apa yang gua alami sendirinya hehe.


Oke lah langsung aja yekan,


Pernah ga sih kalian denger beauty privilege ? pasti sering dong ya hehe.


Gua udah denger kata ini dari gua kelas 11, yaps saat gua duduk di kelas 2 SMA, gua udah denger kata ini, gua penasaran, gua melakukan research, alah gaya banget yak hehe.
Ya pokoknya gua cari tau tentang apasih beauty privilege ini, emang tentang apa sih ? kenapa semua orang ngerasa insecure setiap denger kata ini.


Ok jujur awalnya gua Cuma sekedar tau dan mengartikan beauty privilege sebagai Kecantikan dan Hak Istimewa. Terus gua mikir, lah terus apanya yang spesial dah gini doang kan, kenapa semua orang sampe segitu heboh dan seakan-akan hal ini menakutkan banget. Gua mulai search tentang apa itu privilege lalu ke
 beauty privilige. Awalnya gua Cuma mikir “oalah orang-orang cantik yang selalu menang gitu ya” sekedar itu. Seriusan gitu aja gua mikirnya. Terus gua mikir lagi “yaelah perasaan gitu doang kenapa orang-orang heboh sampe segitunya, kan cantik bukan Cuma dari wajah kan kalo hatinya cantik juga dia cantik, cantik kan ga perlu wajahnya harus mulus semulus taeyeon snsd” itu pikiran gua.
Dan lo harus tau ya itu semua BULLSHIT, serius deh. Kenapa gua sampe bilang gitu ? YA KARENA GUA UDAH NGALAMIN SENDIRI DONG TENTU SAJA. Bukan sebagai cewek cantiknya yang selalu mulus jalan hidupnya, tapi Cuma sebagai kentang yang invisible. Sedih ga sih woi, udah kentang, invisible lagi. Remang-remang gua kayak lampu dipertigaan atau ga lampu yang dibawah jembatan.

Pernah denger kan kalimat All men do is a lie, All women talk is a lie, and Everybody do and talk all lie. Kayaknya engga deh hehe, pasti seringnya denger All men do is a lie aja kan ? iyalah orang sisanya gua yang ngada-ngada hehe. Ya pokoknya gitu deh selama ini gua terlalu percaya sama kata-kata toxic positivity yang bilang “gpp kalo kamu ga cantik setidaknya kamu pinter”. Eh mohon maaf yak sebelumnya, tapi ya gimana yak, itu Maudy Ayunda bisa dua-duanya, udah cantik, pinter lagi beuh. Terus pernah juga denger gini “cantik tuh ga harus dari mukanya, dari hatinya dong. Kalo hatinya udah cantik pasti deh mukanya jadi cantik”. Halah, bentar-bentar saya mau nabok muka saya sendiri dulu hehe. Kenapa gitu ya bisa percaya kayak gitu gampang banget kayak yang “iya juga ya”
Mohon maaf aja nih iya sih itu saya dulu percaya kayak gitu-gituan tapi sekarang mah engga hehe, kalo bisa diwujudin semua kenapa engga, ya walaupun tetep aja saya kentang hehe.

Oke kembali lagi ke beauty privilege, gila berasa keren gua make bahasa inggris segalaan ahay.

Dulu setiap ada orang yang ngetweet atau gua baca di beberapa blog atau artikel gua yang beneran gak bisa relate gitu loh. Bayangin dari jaman gua TK sampe SMA hidup gua mulus banget. Punya temen yang baik, supportive dan positive, ya walau kadang ada ghibah nya sih, tapi tetep aja gua bersyukur banget gitu selama hidup 18 ini gua berasa berharga banget ada di dunia ini dan terlahir sebagai gua hehe. 
Soalnya setiap gua liat tweet orang di base atau di manapun kayak mereka suka mengeluhkan seperti ini kira-kira, “kenapa sih semua orang kalo yang cantik aja mau pulang langsung banyak yang mau nebengin, giliran saat gua butuh tebengan aja mereka malah ngatain gua suruh gua naik ojek online lah, angkutan umum lah, banyak banget alasannya”
Tweetnya keliatan sepele kan? Kayak yaudah ada orang yang ngeluh tentang apa yang sudah terjadi di harinya, tapi tau ga, yang ngeretweet dan ngelike bisa sampe ribuan dan kolom reply nya di penuhi sama kata kata seperti ini kira-kira “can relate”, “kentang mah bisa apa, can relate banget nder”, “sabar ya nder, kamu ga sendiri”, “ayo tim kentang mari berkumpul dan bergandengan tangan”. Tak sedikit juga yang mereply dengan cerita yang serupa seperti tidak dipilih dalam organisasi karena dia kentang atau tidak diperbolehkan tidak ikut kerja kelompok padahal dia benar-benar sakit dan masih banyak lainnya.

Pokoknya sering banget tweet serupa namun dengan kisah yang berbeda lewat di timeline gua, sampe suatu saat gua ngalamin hal serupa haha, miris ga sih. Ceritanya begini, gua saat itu lagi sama ke 5 temen gua yang emang cantik, pokoknya aku doang deh yang kentang gitu, atau ga mereka semua yang angsa dan aku bebeknya hehe, udah kayak salah satu webtoon yang sering gua baca dan memang kejadian yang gua alamin ini mirip sama salah satu adegan di webtoon itu hehe. Lanjut yekan, jadi gua dan ke 5 temen gua lagi diparkiran kampus nih, tiba-tiba adalah 2 orang laki-laki anjassssssss, yang lewat sembari mengendarai motornya, kalo kalian pikir gua mau diajak bareng ? oh tentu saja tidak hehehehe, lewat lah 2 orang lelaki ini sambil bilang “duluan ya” dengan nada biacara yang semangat dan sumringah, lalu kubalas dong “iya hati-hati ya” dengan nada bicara yang juga semangat dan wajah yang sumringah, jarang gua begini karena di kelas gua ansos banget dan jarang ngobrol sama yang bukan circle gua di kampus hehe. Tapi tau ga, kagetnya 2 orang lelaki ini menyebut nama temen gua yang emang cantik banget deh. Oke awalnya gua berfikir positif, oh mungkin memang mereka ga tau nama gua kali yakan, eh terus gua tanya 2 temen gua yang lainnya yang emang diparkiran juga Cuma didekat pintu keluarnya “eh lu disapa sama si anu dan si itu?” terus tau ga mereka jawab apa ? gini nih “disapa dong gini duluan ya ***, duluan juga ya ***” oke gua terkejut, ga sih b aja, Cuma gua langsung nyeletuk bilang “anjir gua ga disapa dong yang di sapa si *** doang anjir, mana tadi pas dia berdua nyapa kan kupikir nyapa kita berdua eh ternyata Cuma nama si *** yang di sebut anjir, anjir mau musnah dari bumi, malu anjir, mana gua jawabnya semangat banget lagi anjir, bodo ah aku mau pundung aja, gua g disapa anjir malu tau gitu ngapain gua sautin anjir bodolah” kurang lebih seperti itu reaksiku dan sepertinya tidak kutambahkan bumbu apapun didalamnya. Dan ya itu bikin gua kepikiran dan saat gua sedang memikirkan hal sepele yang dibuat ruwet sama diri gua sendiri, muncul lah tweet yang sama dengan apa yang gua alami sampe gua mikir “anjir sejak kapan gua ngirim ginian di base, perasaan kagak dah”.


Dan dari situ gua mulai sadar gitu, bahwa dalam sehari atau mungkin di jam yang sama, banyak orang yang mengalami hal yang serupa dan bukan gua aja, dan gua mengerti kenapa banyak orang yang relate dengan hal-hal yang dulu gua sebut sepele ini, karena setelah gua buka mata dan hati gua serta menyiapkan otak gua untuk berfikir lebih jauh lagi, secara ga sadar gua sering mengalami hal serupa, namun karena gua yang menganggapnya itu b aja jadilah gua ga sadar akan hal itu. Dan ya benar sih, orang cantik akan selalu menang, jadi untuk para kentang seperti saya yang mengalami ketidak adilan dari beauty privilege, percayalah kalian tidak sendiri, karena saya dan banyak orang diluar sana yang mengalami hal seperti itu juga.


Being beauty is certain to get privilege but Being potato is not scary like everybody’s saying. So just be yourself, be yourself, and make yourself as confident as yourself. Don’t feel you're so tiny because you're not a beauty like everybody's standard. It’s okay because if you can respect yourself as itself everybody will treat you like you treat yourself.


Komentar

Postingan Populer